Poster Tabel Periodik dalam Bahasa Indonesia

Minggu, 18 Oktober 2009


Pada tahun 2005, Pemerintah Jepang bekerjasama dengan Kementrian Edukasi, Budaya, Olahraga dan IPTEK Jepang (MEXT (Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology, Japan) membuat kampanye Tabel Sistem Periodik Unsur untuk Setiap Rumah. Poster ini dibagikan secara gratis dalam bentuk PDF dan cetak ke seluruh instansi, organisasi, bahkan personal dengan mendaftar ke MEXT. Kampanye Poster Tabel Sistem Periodik Unsur ini bertujuan agar banyak orang-orang Jepang terutama generasi muda untuk mengenali unsur-unsur kimia di sekitarnya dan menumbuhkan rasa cintanya terhadap ilmu sains.

Poster Tabel Periodik berwarna berukuran A3 ini dibuat dengan definisi masing-masing elemen, disertai dengan gambar dan keterengan sifat fisik dan kimia. Masih teringat masa ketika masih mengenyam pendidikan di Universitas Jepang, segera mendaftar melalui registrasi online untuk mendapatkan Poster Tabel Periodik ini.

Saat itu, ada keinginan penulis untuk menterjemahkan dalam bahasa Indonesia agar orang Indonesia pun bisa menikmati Poster Tabel Periodik ini, namun tujuan tersebut tidak tercapai karena kesulitan untuk dapat menghubungi MEXT. Namun tidak disangka, ternyata Tabel Periodik ini telah diterjemahkan oleh 3 orang staff Junior Expert yaitu Yuko Hasegawa, Yuka Okunari, Eri Gouda. Sebagai tambahan, JICA sebuah lembaga NGO Jepang yang mendukung program pembangunan negara-negara berkembang.

“Dengan tujuan yang sama, yaitu, supaya banyak orang-orang Indonesia bisa semakin mengenali sains, versi Jepang kami terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia” begitulah kutipan yang didapat dari situs MEXT. Data poster bisa di-down-load dari link dibawah artikel dengan bebas dalam ukuran A3 maupun A2. “Kami senang kalau banyak orang Indonesia download data ini dari sini, lalu print dan tempel poster di dinding rumah, sekolah dll (print “outdoor” dg ukuran 100cm x 140cm cocok untuk dinding ruang sekolah).” demikian tambahan keterangan dari ketiga staff.

Pada pemanfaatan Poster Tabel Periodik dalam Bahasa Indonesia ini, untuk menjaga ketentuan dari MEXT, diminta untuk mentaati aturan sebagai berikut:
(1) Poster maupun datanya tidak boleh dijual.
(2) Isinya maupun lay-out Poster maupun datanya tidak boleh diubah atau diedit.
(3) Tidak boleh mengambil hanya sebagian saja. Contoh, tidak boleh suatu gambar yang di dalam oster digandakan atau dicetak untuk tujuan lain.

Download Tabel Periodik ukuran A3
Download Tabel Periodik ukuran A2 bagian kiri, dan A2 bagian kanan

0 komentar: